Translate

Saturday, August 13, 2016

Bentuk Berlebihan Yang Dilarang Oleh Allah

  Bismillahirrahmanirrahim,, Di kesempatan yang berbahagia kali ini penulis ingin berbagi ilmu kembali dengan judul 'Bentuk Berlebihan Yang Dibenci Allah'
  Manusia memiliki keterbatasan dalam berbagai aspek kehidupannya. Oleh karena itu, manusia apalagi yang telah menyatakan dirinya sebagai muslim tidak dibenarkan untuk berlebihan yang ditentukan oleh Allah swt, karena hal tersebut tidak disukai-Nya. Al - Qur'an menyebutkan ada lima bentuk berlebihan yang harus dihindari, diantaranya :

  1. Berlebihan dalam perang
  Islam merupakan agama yang sangat mengedepankan perdamaian, karenanya permusuhan sebisa mungkin untuk dihindari. Namun bila kaum muslimin diperangi, diizinkan bagi mereka untuk melawan guna membela diri, sebagaimana difirmankan-Nya.
  "Diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka dizalimi. Dan sungguh, Allah maha kuasa menolong mereka itu." (Al-Hajj:39)
  Meskipun begitu, berperang pun tetap saja ada aturannya dan tidak bisa sembarangan berperang, karena perang dalam Islam itu bukan untuk membinasakan lawan, melainkan untuk mengendalikan musuh.
  "Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, tetapi jangan melampaui batas. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (Al-Baqarah:190)

  2. Berlebihan Dalam Hukum
  Dalam menjalani hidup, manusia membutuhkan ketentuan-ketentuan hukum yang mengatur tentang apa yang boleh dan tidak boleh. Karenanya seorang muslim tidak dibenarkan melampaui batas dalam masalah hukum, sebagai contoh mengubah yang Halal menjadi Haram, begitupun sebaliknya.
  "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengharamkan apa yang baik yang telah dihalalkan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (Al-Maa'idah:87)
  3. Berlebihan Dalam Beribadah
  Manusia memang diciptakan dengan tugas utamanya untuk beribadah, salah satunya adalah yang bersifat khusus seperti Shalat, Puasa, Membaca Al-Qur'an dan lain sebagainya. Namun berlebihan dalam masalah ini tidak dibenarkan sebagaimana dalam kisah tiga orang sahabat yang ingin tahajud semalam suntuk, puasa setiap hari bahkan tidak mau menikah karena ingin berjihad.

  4. Berlebihan Dalam Makan Dan Minum
  Kebutuhan pokok manusia salah satunya adalah Makan dan Minum. Allah swt memerintahkan manusia untuk makan dan minum namun tidak boleh berlebihan. Rasulullah mencontohkan makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang.
  "Wahai anak cucu Adam! pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (Al - A'raaf:31)

  5. Berlebihan Dalam Seksual
  Kebutuhan manusia lainnya selain makan dan minum adalah Seks, karenanya Allah tidak melarang manusia untuk melampiaskan kebutuhan seksualnya asalkan dengan orang yang dihalalkan. Bila hubungan seksual dilakukan kepada orang yang tidak dihalalkan, maka hal itu termasuk Berlebihan.
  "Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, yaitu orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka tidak tercela. Tetapi barang siapa mencari dibalik itu (zina, dan sebagainya), maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas." (Al-Mu'minuun: 1, 5-7)


  Berdasarkan uraian diatas, sudah jelas bagi kita bahwa Islam merupakan agama pertengahan, agama yang sangat mengatur keseimbangan hidup manusia, karenanya sikap berlebihan/melampaui batas menjadi suatu hal yang harus dihindari dari akhlak seorang muslim.
  Semoga bermanfaat, terima kasih dan nantikan materi-materi lainnya.

No comments:

Post a Comment