Translate

Thursday, August 11, 2016

Orang-Orang Yang Tidak Boleh Ditaati

  Bismillahirrahmanirrahim,,
  Di kesempatan kali ini penulis bisa kembali memberikan sedikit materi yang insya allah berguna dan bisa menambah pengetahuan saudara sekalian. Saya menyajikan judul 'Orang-Orang Yang Tidak Boleh Ditaati', karna penulis sendiri sering melihat bahwa di zaman sekarang itu masyarakat justru lebih patuh pada jabatan dan harta seseorang dibanding ilmu, akhlak yang dimilikinya dan yang akhirnya justru membawa petaka pada lingkungan tersebut. Sehingga kadang membuat saya berpikir berkali-kali kenapa mereka mau patuh disuruh begini dan begitu, dan parahnya tidak jarang perintah yang diberikan itu menganggu ketentraman warga dan kadang membuat rugi sekelompok suku dan agama juga.




  Maka dari itu saya merangkum dan menemukan bahwa tidak sembarang orang bisa memerintah kita, seperti yang akan saya bahas dibawah ini:

1. Orangtua Yang Memerintahkan Kemusyrikan
  Setiap anak tentu harus taat kepada orangtuanya, tapi bila ia memerintahkan kepada hal-hal yang tidak benar apalagi menuju kemusyrikan, maka orangtua boleh tidak di taati.
  "Dan kami wajibkan kepada manusia agar (berbuat) kebaikan kepada kedua orangtuanya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau patuhi keduanya. Hanya kepada-Ku tempat kembalimu, dan akan Aku beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (Al-Ankabut:8)

2. Pendusta Agama
  Pendusta Agama adalah orang yang mengaku beriman tapi tidak mau menaati ketentuan Allah dan Rasul-Nya, mereka tidak boleh ditaati.
  "Maka janganlah engaku patuhi orang-orang yang mendustakan (ayat-ayat Allah)." (Al-Qalam:8)

3. Orang Yang Suka Bersumpah
  Manusia suka menggunakan sumpah untuk meyakinkan bahwa dirinya benar, padahal sebenarnya tidak benar. Maka orang yang seperti tidak boleh ditaati, karena hal itu merupakan suatu kehinaan.
  "Dan janganlah engkau patuhi setiap orang yang suka bersumpah dan suka menghina." (Al-Qalam:10)

4. Kafir & Munafik
  Orang kafir dan Munafik itu pada hakikatnya sama, yakni tidak suka kepada kaum muslimin, karena itu umat Islam tidak diperbolehkan menaati mereka, dan pada nabi pun diperingatkan kemudian.
  "Wahai Nabi! Bertakwalah kepada Allah dan janganlah engkau menuruti (keinginan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana." (Al-Ahzaab:1)

5.Orang Yang Lalai Dan Mengikuti Hawa Nafsu
  Orang yang Lalai dari mengingat Allah berlanjut pada mengikuti hawa nafsu sehingga tindakannya melewati batas dan akhirnya membawa malapetaka dalam hidup ini. Oleh karena itu orang yang demikian tidak boleh ditaati.
  "... dan janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti keinginannya dan keadaannya sudah melewati batas." (Al-Kahfi:28)

  Nah, itulah tadi beberapa orang yang sebaiknya tidak kita ikuti perintahnya demi kemaslahatan ummat Islam. Saya ucapkan terima kasih dan semoga ilmunya ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment