Translate

Thursday, August 11, 2016

Ciri Utama Muslim Sejati

  Alhamdulillah kita bisa bertemu lagi di Tausiah 99 ini, salam kenal dari penulis untuk saudara muslim sekalian di manapun saudara berada. Selain untuk tujuan dakwah islam, penulis sendiri juga Insya Allah akan merespon manakala ada yang ingin bertanya mengenai seputar apa yang penulis bahas.

  Untuk mengawali jalan dakwah ini, penulis mengangkat Tema



Ciri - Ciri Seorang Muslim

CIRI UTAMA MUSLIM SEJATI

  Bismillahirrahmanirrahim,, Menjadi muslim tidak cukup sekedar pengakuan, karena belum tentu diakui Allah swt., sebagaimana firman-Nya,
  "Dan di antara manusia ada yang berkata, 'Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,' padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman." (Al-Baqarah: 8)

  Oleh karena itu, ada lima hal yang saya uraikan sebagai keharusan agar bisa menjadi seorang muslim sejati yang keimanannya diakui oleh Allah swt.,


1. Bertakwa kepada Allah swt.,
  "Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim." (Ali-Imran: 102)

2. Masuk ke dalam Islam secara Kaffah (Total), sehingga seluruh aspek kehidupan dijalani sesuai dengan nilai-nilai Islam.
  "Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu." (Al-Baqarah: 208)

3. Selalu dalam Sibghah atau terwarnai dengan nilai-nilai yang datang dari Allah swt.
  "Sibghah Allah. Siapa yang lebih baik sibghah-nya daripada Allah? Dan kepada-Nya kami menyembah." (Al-Baqarah: 138)

4. Istiqamah atau memiliki pendirian yang kuat dalam mempertahankan nilai-nilai Islam dalam kehidupannya.
  "Sesungguhnya orang-orang yang berkata,'Tuhan kami adalah Allah,' kemudian mereka tetap istiqamah, tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati." (Al-Ahqaaf: 13)

5. Memiliki sikap tawazun atau keseimbangan antara Duniawi dengan Ukhrawi.
  "Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah di-anugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat ke-rusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan." (Al-Qashash: 77)

  Alhamdulillah, itulah tadi lima hal yang harus dimiliki oleh seorang Muslim Sejati, terima kasih sudah berkunjung, dan sampai jumpa di materi selanjutnya.

No comments:

Post a Comment