Translate

Thursday, September 1, 2016

Dusta Yang Diperbolehkan Islam

  Bismillahirrahmanirrahim,,
  Alhamdulillah setelah agak lama absen,  kali ini penulis bisa kembali memberikan sedikit materi yang insya allah bermanfaat. Dengan Judul "Dusta Yang Diperbolehkan Dalam Islam"


  Kita sebagai muslim tentunya dituntut untuk selalu jujur di tiap kesempatan dimanapun kapanpun dan kepada siapapun. Namun, ternyata ada juga beberapa kebohongan yang di 'izin' kan oleh Islam. berikut penjelasannya :
  "Rasulullah saw. Membolehkan dusta dalam tiga hal: dalam peperangan, dalam rangka mendamaikan antara orang yang bersengketa, dan dalam pembicaraan suami kepada istrinya." (HR. Ahmad)
  Berdasarkan hadits di atas bisa kita simpulkan bahwa ada tiga dusta yang dibolehkan.

1. Dusta Dalam Perang
  Perang merupakan langkah untuk mengendalikan kondisi lawan agar menjadi tunduk, dalam perang ada yang namanya taktik dan strategi, karenanya membohongi musuh dibenarkan dalam perang.

2. Dusta Dalam Mendamaikan Orang
  Orang yang saling bermusuhan sudah seharusnya didamaikan, untuk mendamaikannya perlu dikembangkan beberapa pandangan yang positif antara orang yang saling bermusuhan itu. Oleh karenanya, kita diperbolehkan untuk berbohong dalam rangka mendamaikan.

3. Dusta Untuk Menyenangkan Istri
  Salah satu tugas kecil istri adalah melayani suaminya, namun kadang kala pelayanan istri tidak memuaskan. Misalkan saja masakan yang dibuatnya kurang sedap, nah disaat ketika suami ditanya bagaimana masakan yang dia masak, dia boleh berbohong bahwa pelayanan istrinya memuaskan, masakannnya enak dan sebagainya agar istri mejadi bahagia.

  Yap, Itu tadi tiga dusta yang diizinkan dalam Islam, jadi tidak sembarang dusta yang bsia dilakukan ya.. mengingat bahwa Islam itu agama yang lurus dan benar maka tidak sepatutnya seorang Muslim berbohong pada sesama muslim apalagi terhadap Allah swt. Saya ucapkan terima kasih dan semoga ilmunya ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment