Translate

Wednesday, September 7, 2016

Jenis Pengabdian Kepada Allah Swt

  Bismillahirrahmanirrahim,, Di kesempatan yang barokah kali ini penulis ingin berbagi kembali ilmu islami kembali dengan mengambil judul 'Jenis Pengabdian Kepada Allah SWT'
  Pada dasarnya Manusia itu diciptakan dengan tugas untuk beribadah kepada Allah SWT, sebagaimana firmannya.
  "Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." (Adz-Dzaariyat: 56)


  Manakala manusia hendak mengabdi kepada Allah, dia memerlukan tiga unsur yang harus dipenuhi dalam hidupnya, berikut penjelasannya.

1. Ketundukan Hati Kepada Allah SWT
  Ketundukan hati kepada Allah swt membuat seorang muslim tidak akan merasa berat ketika menjalankan pengabdiannya, sekalipun dia tidak akan merasa terlalu bersedih hati bilamana ditimpa hal-hal yang tidak menyenangkan.
  "Tidak! Barangsiapa menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, dan dia berbuat baik, dia mendapat pahala di sisi tuhannya dan tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati." (Al-baqarah: 112)

2. Taat Kepada Allah Tanpa Perasaan Berat
  Pengabdian kepada Allah swt hanya bisa dilakukan manakala seseorang tidak memiliki perasaan berat pad aketentuan-Nya.
  "Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman sebelum mereka menjadikan engkau (Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, (sehingga) kemudian tidak ada rasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang engkau berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya." (An-Nisaa':65)
3. Menyerahkan Diri Sepenuhnya Kepada Allah
  Apapun yang dilakukan manusia dalam hidup ini, bila diserahkan sepenuhnya kepada Allah, yakni dalam rangka mencari keridhaan-Nya, maka dia bisa termasuk orang yang mengabdikan diri kepada-Nya.
  "katakanlah (Muhammad), 'Sesungguhnya shalatku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam.'" (Al-An'aam: 162)
 
  Itulah tadi tiga hal yang menjadi syarat utama dalam mengabdikan diri kepada sang maha kuasa, terima kasih sudah berkunjung dan tunggu tausiah lainnya. 

No comments:

Post a Comment